SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic
Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif
Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada mata dan kaca mata
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alatoptik mata dan kaca mata
3. menentukan kekuatan lensa kaca mata pada penderita miopi dan
hipermetropi
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan bagian-bagian mata
2.menyebutkan susunan lensa mata
3.menjelaskan titik jauh dan titik dekat pada mata
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi
5.menjelaskan tiga macam cacat mata
II. Materi Essensial : mata dan kaca mata
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : Chart tentang mata dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pembentukan bayangan pada lensa cembung
* Pengertian bayangan maya dan sejati
b). Motivasi : - mengapa lensa poritif digunakan untuk mata Hypermetropy ?
- mengapa lensa negative digunakan pada mata Myopi?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Bagian-bagian mata
Pemahaman tentang mata berakomadasi maksimum dan tak berakomodasi
Pemahaman titik jauh dan titik dekat
Memahami jenis-jenis cacat mata
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic
Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif
Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada lup dan mikroskop
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alat optik lup dan mikroskop
3. menentukan perbesaran pada lup dan mikroskop
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan pengertian lup mikroskop
2.menghitung perbesaran pada lup dan mikroskop
3.melukis pembentukan bayangan pada lup maupun mikroskop
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi pada
lup dan mikroskop
II. Materi Essensial : lup dan mikroskop
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demontrasi
IV. Alat pembelajaran : lup, mikroskop dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pembentukan bayangan pada lensa cembung
* Pengertian bayangan maya dan sejati
b). Motivasi : - mengapa saat memperbaiki jam menggunakan lup?
- alat apakah yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Bagian-bagian lup dan mikroskop
Melukis bayangan yang dibentuk lup dan mikroskop
Menentukan persamaan perbesaran pada lup dan mikroskop
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic
Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif
Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada teropong
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alat optik teropong
3. menentukan perbesaran pada teropong
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan bagian-bagian teropong
2.menyebutkan susunan lensa pada teropong
3.menyebutkan fungsi teropong
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi
pembentukan bayangan pada teropong
5.melukiskan jalannya sinar pada teropong
II. Materi Essensial : teropong
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : Chart tentang teropong dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan perbesaran sudut pada lup dan mikroskop
* menyebutkan perbesaran pada lup dan mikroskop
b). Motivasi : - bagaimana pembentukan bayangan pada teropong bintang
maupun teropong bumi?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendikusikan
Tentang fungsi teropong
Perbesaran pada teropong
Susunan lensa pada teropong
Panjang teropong
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman / kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis cara pemindahan kalor
Indikator : 1. Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi, konveksi dan
radiasi .
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
2.menjelaskan perpindahan kalor pada benda padat, cair dan gas
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan perpindahan kalor yang
terkait dalam proses perubahan temperatur dan akibat pada benda
II. Materi Essensial : perpindahan kalor
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat perpindahan kalor dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
2. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian perubahan wujud
* Pemahaman tentang kalor
b). Motivasi : - Perpindahan jenis apakah kalor yang kita terima dari matahari
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang perpindahan kalor pada zat padat, cair dan gas
Pemahaman tentang daya kalor yang dipancarkan
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambat melalui zat padat
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambatkan pada zat acair
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : 1. Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu benda
2. menganalisis pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda
(pemuaian)
3. menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian kalor
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap temperature benda
3.menjelaskan sifat termometrik suatu zat
4.menyebutkan dua titik acuan dalam menentukan skala suhu
5.menjelaskan hubuangan skala suhu celcius dengan Fahrenheit, reamur
dan kalvin
6.menentukan skala thermometer jika diketahui dua titik acuan
thermometer baku.
II. Materi Essensial : suhu dan kalor
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : Termometer dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
2. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan jenis-jenis thermometer
* Pemahaman tentang titik beku dan titik didih
b). Motivasi : samakah pengukuran untuk thermometer yang berbeda ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang sifat termometrik suatu zat
Pemahaman tentang dua titik acuan
Menentukan skala pada masing-masing thermometer
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
4. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : Menganalisis pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda
(pemuaian)
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian pemuaian
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan bentuk pada benda
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan kalor yang terkait dalam
proses perubahan atemperatur dan perubahan bentuk benda (pemuaian)
II. Materi Essensial : kalor dan pemuaian
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
3. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kalor
* Pemahaman tentang pemuaian
b). Motivasi : - Mengapa pada pemasangan dua buah rel kereta api dibuat
berjarak ?
- Mengapa pada siang hari kaca jendela bias retak/ pecah?
- Samakah pemuaian pada benda padat, cair dan gas?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang pemuaian panjang, luas dan volume pada benda padat
Pemahaman tentang koefisien muai panjang, luas dan volume pada benda padat
Menentukan persamaan pertambahan panjang, pertambahan luas dan volume
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
5. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : Menganalisis pengaruh kalor terhadap benda cair dan gas
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian pemuaian
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan bentuk pada benda cair
dan gas.
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan kalor yang terkait dalam
proses perubahan temperatur dan perubahan bentuk pada benda cair dan
gas benda (pemuaian)
II. Materi Essensial : kalor dan pemuaian benda cair dan gas
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
4. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian pemuaian
* menyebutkan pengertian koefisien muai panjang
b). Motivasi : - Tumpahkah air dalam gelas yang dicelupkan sebongkah es - Bagaimanakah proses naiknya balon terbang ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang pemuaian volume pada benda cair dan gas
Pemahaman tentang anomaly air
Menentukan persamaan pertambahan volume pada zat cair dan gas
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
6. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : 1. Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud suatu benda
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian energi kalor
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap wujud benda
3.menjelaskan jenis-jenis perubahan wujud benda
4.membaca grafik hubungan energi kalor dengan waktu
5.menyebutkan pengertian kalor lebur
II. Materi Essensial : perubahanj wujud
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
5. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kalor
* menyebutkan satuan energi akalor
b). Motivasi : - mengapa terdapat embun pada pagi hari ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang jenis-jenis perubahan wujud
Pemahaman tentang kalor, kalor lebur dan kalor uap
Menentukan energi kalor pada pemanasan sebongkah es pada air panas dengan menggunakan grafik.
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
7. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis cara pemindahan kalor
Indikator : 1. Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi, konveksi dan
radiasi .
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
2.menjelaskan perpindahan kalor pada benda padat, cair dan gas
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan perpindahan kalor yang
terkait dalam proses perubahan temperatur dan akibat pada benda
II. Materi Essensial : perpindahan kalor
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat perpindahan kalor dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
6. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian perubahan wujud
* Pemahaman tentang kalor
b). Motivasi : - Perpindahan jenis apakah kalor yang kita terima dari matahari
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang perpindahan kalor pada zat padat, cair dan gas
Pemahaman tentang daya kalor yang dipancarkan
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambat melalui zat padat
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambatkan pada zat acair
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
8. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menerapkan azas Black dalam pemecahan masalah
Indikator : Menganalisis pengaruh kalor terhadap benda cair dan gas
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang azas Black
2.menerapkan Azas Black dan merumuskannya secara kuantitaif pada
contoh kasus pencampuran dua benda yang berbeda suhunya.
II. Materi Essensial : Azas Black
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
7. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
*menyebutkan pengertian kalor, kalor lebur dan kalor uap
b). Motivasi : - mengapa air yang panas dalam gelas ketika dicelupkan
sebongkah es airnya menjadi dingin? Adakah transfer kalor
pada peristiwa ini ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang pertukaran kalor
Banyaknya energi kalor yang dilepas air panas dan banyaknya kalor yang diterima air dingin
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan azas Black
9. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Memahai konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gelombang elektromagnetik
Indikator : 1. Mencari dan menulusuri literature tentang gelombang
elektromagnetik.
2. menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekwensi
atau panjang gelomabang
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan pengertian gelombang elektromagnetik
2.menjelaskan deret gelomabang elektromagnetik dimulai dari
frekwensi terbesar
3.menjelaskan deret gelomabang elektromagnetik dimulai dari
panjang gelombang terkecil.
II. Materi Essensial : spectrum gelombang elektromagnetik
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
8. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian medan listrik
* menyebutkan pengertian medan magnet
b). Motivasi : - Bagaimanakah terbentuknya gelombang elektromagnetik ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang medan listrik dan medan magnet
Susunan deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekwensi dan panjang gelombang
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
10. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Memahai konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan
sehari-hari
Indikator : 1. Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik.
2. Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekwensi/ panjang
gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan kegunaan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan
sehari-hari
2.menjelaskan penggunaan gelombang elektromagnetik pada radio,
radar dan telepon.
II. Materi Essensial : gelombang elektromagnetik
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian Gelombang elektromagnetik
b). Motivasi : - Bagaimanakah proses terdengarnya suara pada radio?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Menyebutkan jenis-jenis gelombang elektromagnetik
Tentang kegunaan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan proses terdengarnya suara pada radio
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
(satu loop)
Indikator : 1. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyusun rangkaian listrik sederhana denagn cara pengukuran arus
listrik dan beda potensial
2.menyebutkan hubungan tegangan , kuat arus dan hambatan listrik
II. Materi Essensial : arus listrik dan hokum Ohm
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
9. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian arus listrik
* menyebutkan pengertian arus searah
b). Motivasi : - Bagaimana lampu pada senter bias menyala ?
- Gambarkanlah rangkaian pada senter?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Kuat arus listrik
Hukum Ohm
Hubungan hambatan dengan panjang penghantar
Hubungan hambatan dengan temperature
Merumuskan hokum ohm
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
11. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
(satu loop)
Indikator : 1. Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri
2. Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian paralel
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami konsep susunan seri pada hambatan
2.memahami konsep susunan paralel pada hambatan
3.menghitung tahanan pengganti pada rangkaian seri maupun paralel
II. Materi Essensial : susunan seri dan paralel pada hambatan
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Resisitor, bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
10. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * Hukum Ohm
* hokum I Kirchoff
b). Motivasi : - Bagaimanakah pemasangan instalasi listrik di rumah anda?
Hub. Seri atau paralelkah ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
• Susunan hambatan seri
• Susunan hambatan parallel
• Susunan hatan seri – parallel
• Kuat arus dan tegangan listrik
• Siswa menyelesaikan contoh soal
• Membuat rangkuman/ kesimpulan
12. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana
dengan hokum kirchoff I
Indikator : 1. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami beberapa prinsip yang berhubungan dengan hukum Kirchoff I
2.menerapkan hokum I kirchoff pada rangkaian sederhana
II. Materi Essensial : hokum I kirchoff
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
11. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kuat arus listrik
* menyebutkan pengertian tegangan listrik
b). Motivasi : - Bagaimana menentukan jumlah arus yang masuk dengan
jumlah arus yang kelua
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Besaran arus listrik
Menentukan jumlah arus yang masuk dengan jumlah arus yang keluar
Merumuskan hokum I kirchoff.,
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
13. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana
dengan hokum kirchoff II
Indikator : 1. Mengadakan identifikasi penerapan arus listrik (
mformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami beberapa prinsip yang berhubungan dengan hukum II
Kirchoff tentang tegangan pada loop.
2.menerapkan hokum II kirchoff pada kehidupan sehari-hari
II. Materi Essensial : hokum II kirchoff
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian hokum I kirchoff
* menyebutkan pengertian hokum ohm
b). Motivasi : - pernahkah kamu melihat rangkaian TV, radio?
- Bagaimana menentukan tegangannya ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Hukum II kIrchoff
Persaman hokum II kirchop dalam :
a). Beda potensial dalam rangkaian
b). Rangkaian majemuk
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3.Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan
sehary-hari
Indikator : 1. mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupa
2. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami penggunaan arus searah dan arus bolak balik
2.menghitung energi listrik yang digunakan di rumah masing-masing perbulan ?
II. Materi Essensial : listrik AC dan DC dalam kehgidupan sehari2
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian arus DC dan AC
* sumber2 arus AC
b). Motivasi : - Bagaimana menentukan jumlah yang harus di bayar pada
setiap bulannya
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Membuat daftar penggunaan listrik searah dan bolak-balik
Menentukan jumlah arus yang masuk dengan jumlah arus yang keluar
Merumuskan energi listrik
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3.Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic
Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif
Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada mata dan kaca mata
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alatoptik mata dan kaca mata
3. menentukan kekuatan lensa kaca mata pada penderita miopi dan
hipermetropi
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan bagian-bagian mata
2.menyebutkan susunan lensa mata
3.menjelaskan titik jauh dan titik dekat pada mata
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi
5.menjelaskan tiga macam cacat mata
II. Materi Essensial : mata dan kaca mata
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : Chart tentang mata dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pembentukan bayangan pada lensa cembung
* Pengertian bayangan maya dan sejati
b). Motivasi : - mengapa lensa poritif digunakan untuk mata Hypermetropy ?
- mengapa lensa negative digunakan pada mata Myopi?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Bagian-bagian mata
Pemahaman tentang mata berakomadasi maksimum dan tak berakomodasi
Pemahaman titik jauh dan titik dekat
Memahami jenis-jenis cacat mata
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic
Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif
Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada lup dan mikroskop
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alat optik lup dan mikroskop
3. menentukan perbesaran pada lup dan mikroskop
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan pengertian lup mikroskop
2.menghitung perbesaran pada lup dan mikroskop
3.melukis pembentukan bayangan pada lup maupun mikroskop
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi pada
lup dan mikroskop
II. Materi Essensial : lup dan mikroskop
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demontrasi
IV. Alat pembelajaran : lup, mikroskop dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pembentukan bayangan pada lensa cembung
* Pengertian bayangan maya dan sejati
b). Motivasi : - mengapa saat memperbaiki jam menggunakan lup?
- alat apakah yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Bagian-bagian lup dan mikroskop
Melukis bayangan yang dibentuk lup dan mikroskop
Menentukan persamaan perbesaran pada lup dan mikroskop
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic
Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif
Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada teropong
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alat optik teropong
3. menentukan perbesaran pada teropong
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan bagian-bagian teropong
2.menyebutkan susunan lensa pada teropong
3.menyebutkan fungsi teropong
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi
pembentukan bayangan pada teropong
5.melukiskan jalannya sinar pada teropong
II. Materi Essensial : teropong
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : Chart tentang teropong dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan perbesaran sudut pada lup dan mikroskop
* menyebutkan perbesaran pada lup dan mikroskop
b). Motivasi : - bagaimana pembentukan bayangan pada teropong bintang
maupun teropong bumi?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendikusikan
Tentang fungsi teropong
Perbesaran pada teropong
Susunan lensa pada teropong
Panjang teropong
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman / kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis cara pemindahan kalor
Indikator : 1. Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi, konveksi dan
radiasi .
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
2.menjelaskan perpindahan kalor pada benda padat, cair dan gas
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan perpindahan kalor yang
terkait dalam proses perubahan temperatur dan akibat pada benda
II. Materi Essensial : perpindahan kalor
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat perpindahan kalor dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
2. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian perubahan wujud
* Pemahaman tentang kalor
b). Motivasi : - Perpindahan jenis apakah kalor yang kita terima dari matahari
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang perpindahan kalor pada zat padat, cair dan gas
Pemahaman tentang daya kalor yang dipancarkan
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambat melalui zat padat
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambatkan pada zat acair
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
2. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : 1. Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu benda
2. menganalisis pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda
(pemuaian)
3. menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian kalor
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap temperature benda
3.menjelaskan sifat termometrik suatu zat
4.menyebutkan dua titik acuan dalam menentukan skala suhu
5.menjelaskan hubuangan skala suhu celcius dengan Fahrenheit, reamur
dan kalvin
6.menentukan skala thermometer jika diketahui dua titik acuan
thermometer baku.
II. Materi Essensial : suhu dan kalor
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : Termometer dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
2. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan jenis-jenis thermometer
* Pemahaman tentang titik beku dan titik didih
b). Motivasi : samakah pengukuran untuk thermometer yang berbeda ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang sifat termometrik suatu zat
Pemahaman tentang dua titik acuan
Menentukan skala pada masing-masing thermometer
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
4. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : Menganalisis pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda
(pemuaian)
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian pemuaian
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan bentuk pada benda
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan kalor yang terkait dalam
proses perubahan atemperatur dan perubahan bentuk benda (pemuaian)
II. Materi Essensial : kalor dan pemuaian
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
3. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kalor
* Pemahaman tentang pemuaian
b). Motivasi : - Mengapa pada pemasangan dua buah rel kereta api dibuat
berjarak ?
- Mengapa pada siang hari kaca jendela bias retak/ pecah?
- Samakah pemuaian pada benda padat, cair dan gas?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang pemuaian panjang, luas dan volume pada benda padat
Pemahaman tentang koefisien muai panjang, luas dan volume pada benda padat
Menentukan persamaan pertambahan panjang, pertambahan luas dan volume
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
5. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : Menganalisis pengaruh kalor terhadap benda cair dan gas
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian pemuaian
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan bentuk pada benda cair
dan gas.
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan kalor yang terkait dalam
proses perubahan temperatur dan perubahan bentuk pada benda cair dan
gas benda (pemuaian)
II. Materi Essensial : kalor dan pemuaian benda cair dan gas
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
4. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian pemuaian
* menyebutkan pengertian koefisien muai panjang
b). Motivasi : - Tumpahkah air dalam gelas yang dicelupkan sebongkah es - Bagaimanakah proses naiknya balon terbang ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang pemuaian volume pada benda cair dan gas
Pemahaman tentang anomaly air
Menentukan persamaan pertambahan volume pada zat cair dan gas
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
6. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat
Indikator : 1. Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud suatu benda
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian energi kalor
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap wujud benda
3.menjelaskan jenis-jenis perubahan wujud benda
4.membaca grafik hubungan energi kalor dengan waktu
5.menyebutkan pengertian kalor lebur
II. Materi Essensial : perubahanj wujud
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
5. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kalor
* menyebutkan satuan energi akalor
b). Motivasi : - mengapa terdapat embun pada pagi hari ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang jenis-jenis perubahan wujud
Pemahaman tentang kalor, kalor lebur dan kalor uap
Menentukan energi kalor pada pemanasan sebongkah es pada air panas dengan menggunakan grafik.
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
7. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis cara pemindahan kalor
Indikator : 1. Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi, konveksi dan
radiasi .
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
2.menjelaskan perpindahan kalor pada benda padat, cair dan gas
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan perpindahan kalor yang
terkait dalam proses perubahan temperatur dan akibat pada benda
II. Materi Essensial : perpindahan kalor
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat perpindahan kalor dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
6. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian perubahan wujud
* Pemahaman tentang kalor
b). Motivasi : - Perpindahan jenis apakah kalor yang kita terima dari matahari
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang perpindahan kalor pada zat padat, cair dan gas
Pemahaman tentang daya kalor yang dipancarkan
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambat melalui zat padat
Pemahaman tentang energi kalor yang dirambatkan pada zat acair
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan
8. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menerapkan azas Black dalam pemecahan masalah
Indikator : Menganalisis pengaruh kalor terhadap benda cair dan gas
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang azas Black
2.menerapkan Azas Black dan merumuskannya secara kuantitaif pada
contoh kasus pencampuran dua benda yang berbeda suhunya.
II. Materi Essensial : Azas Black
III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
7. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
*menyebutkan pengertian kalor, kalor lebur dan kalor uap
b). Motivasi : - mengapa air yang panas dalam gelas ketika dicelupkan
sebongkah es airnya menjadi dingin? Adakah transfer kalor
pada peristiwa ini ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang pertukaran kalor
Banyaknya energi kalor yang dilepas air panas dan banyaknya kalor yang diterima air dingin
Menyelesaikan soal-soal sederhana
Membuat rangkuman/ kesimpulan azas Black
9. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Memahai konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gelombang elektromagnetik
Indikator : 1. Mencari dan menulusuri literature tentang gelombang
elektromagnetik.
2. menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekwensi
atau panjang gelomabang
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan pengertian gelombang elektromagnetik
2.menjelaskan deret gelomabang elektromagnetik dimulai dari
frekwensi terbesar
3.menjelaskan deret gelomabang elektromagnetik dimulai dari
panjang gelombang terkecil.
II. Materi Essensial : spectrum gelombang elektromagnetik
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
8. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian medan listrik
* menyebutkan pengertian medan magnet
b). Motivasi : - Bagaimanakah terbentuknya gelombang elektromagnetik ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Tentang medan listrik dan medan magnet
Susunan deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekwensi dan panjang gelombang
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
10. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Memahai konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan
sehari-hari
Indikator : 1. Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik.
2. Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekwensi/ panjang
gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan kegunaan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan
sehari-hari
2.menjelaskan penggunaan gelombang elektromagnetik pada radio,
radar dan telepon.
II. Materi Essensial : gelombang elektromagnetik
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian Gelombang elektromagnetik
b). Motivasi : - Bagaimanakah proses terdengarnya suara pada radio?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Menyebutkan jenis-jenis gelombang elektromagnetik
Tentang kegunaan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan proses terdengarnya suara pada radio
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
(satu loop)
Indikator : 1. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyusun rangkaian listrik sederhana denagn cara pengukuran arus
listrik dan beda potensial
2.menyebutkan hubungan tegangan , kuat arus dan hambatan listrik
II. Materi Essensial : arus listrik dan hokum Ohm
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
9. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian arus listrik
* menyebutkan pengertian arus searah
b). Motivasi : - Bagaimana lampu pada senter bias menyala ?
- Gambarkanlah rangkaian pada senter?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Kuat arus listrik
Hukum Ohm
Hubungan hambatan dengan panjang penghantar
Hubungan hambatan dengan temperature
Merumuskan hokum ohm
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
11. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
(satu loop)
Indikator : 1. Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri
2. Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian paralel
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami konsep susunan seri pada hambatan
2.memahami konsep susunan paralel pada hambatan
3.menghitung tahanan pengganti pada rangkaian seri maupun paralel
II. Materi Essensial : susunan seri dan paralel pada hambatan
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demonstrasi
IV. Alat pembelajaran : Resisitor, bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
10. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * Hukum Ohm
* hokum I Kirchoff
b). Motivasi : - Bagaimanakah pemasangan instalasi listrik di rumah anda?
Hub. Seri atau paralelkah ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
• Susunan hambatan seri
• Susunan hambatan parallel
• Susunan hatan seri – parallel
• Kuat arus dan tegangan listrik
• Siswa menyelesaikan contoh soal
• Membuat rangkuman/ kesimpulan
12. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana
dengan hokum kirchoff I
Indikator : 1. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami beberapa prinsip yang berhubungan dengan hukum Kirchoff I
2.menerapkan hokum I kirchoff pada rangkaian sederhana
II. Materi Essensial : hokum I kirchoff
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
11. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kuat arus listrik
* menyebutkan pengertian tegangan listrik
b). Motivasi : - Bagaimana menentukan jumlah arus yang masuk dengan
jumlah arus yang kelua
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Besaran arus listrik
Menentukan jumlah arus yang masuk dengan jumlah arus yang keluar
Merumuskan hokum I kirchoff.,
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
13. Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana
dengan hokum kirchoff II
Indikator : 1. Mengadakan identifikasi penerapan arus listrik (
mformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami beberapa prinsip yang berhubungan dengan hukum II
Kirchoff tentang tegangan pada loop.
2.menerapkan hokum II kirchoff pada kehidupan sehari-hari
II. Materi Essensial : hokum II kirchoff
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian hokum I kirchoff
* menyebutkan pengertian hokum ohm
b). Motivasi : - pernahkah kamu melihat rangkaian TV, radio?
- Bagaimana menentukan tegangannya ?
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Hukum II kIrchoff
Persaman hokum II kirchop dalam :
a). Beda potensial dalam rangkaian
b). Rangkaian majemuk
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3.Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan
sehary-hari
Indikator : 1. mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupa
2. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.
I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami penggunaan arus searah dan arus bolak balik
2.menghitung energi listrik yang digunakan di rumah masing-masing perbulan ?
II. Materi Essensial : listrik AC dan DC dalam kehgidupan sehari2
III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi
IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB
V. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian arus DC dan AC
* sumber2 arus AC
b). Motivasi : - Bagaimana menentukan jumlah yang harus di bayar pada
setiap bulannya
2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
Membuat daftar penggunaan listrik searah dan bolak-balik
Menentukan jumlah arus yang masuk dengan jumlah arus yang keluar
Merumuskan energi listrik
Siswa menyelesaikan contoh soal
Membuat rangkuman/ kesimpulan
3.Penutup :
Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
Menyimpulkan kembali konsep essensial
Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan
VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)
Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X
Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah