RPP kls X - smsester 2
SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic

Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif

Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada mata dan kaca mata
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alatoptik mata dan kaca mata
3. menentukan kekuatan lensa kaca mata pada penderita miopi dan
hipermetropi

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan bagian-bagian mata
2.menyebutkan susunan lensa mata
3.menjelaskan titik jauh dan titik dekat pada mata
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi
5.menjelaskan tiga macam cacat mata

II. Materi Essensial : mata dan kaca mata

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : Chart tentang mata dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pembentukan bayangan pada lensa cembung
* Pengertian bayangan maya dan sejati
b). Motivasi : - mengapa lensa poritif digunakan untuk mata Hypermetropy ?
- mengapa lensa negative digunakan pada mata Myopi?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Bagian-bagian mata
 Pemahaman tentang mata berakomadasi maksimum dan tak berakomodasi
 Pemahaman titik jauh dan titik dekat
 Memahami jenis-jenis cacat mata
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

3. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah



SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic

Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif

Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada lup dan mikroskop
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alat optik lup dan mikroskop
3. menentukan perbesaran pada lup dan mikroskop

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan pengertian lup mikroskop
2.menghitung perbesaran pada lup dan mikroskop
3.melukis pembentukan bayangan pada lup maupun mikroskop
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi pada
lup dan mikroskop

II. Materi Essensial : lup dan mikroskop

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demontrasi

IV. Alat pembelajaran : lup, mikroskop dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pembentukan bayangan pada lensa cembung
* Pengertian bayangan maya dan sejati
b). Motivasi : - mengapa saat memperbaiki jam menggunakan lup?
- alat apakah yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Bagian-bagian lup dan mikroskop
 Melukis bayangan yang dibentuk lup dan mikroskop
 Menentukan persamaan perbesaran pada lup dan mikroskop
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

3. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah





SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optic

Kompetensi Dasar : menganalisis alat-alat optic secara kualitatif dan kuantitatif

Indikator : 1. Menganalisis pembentukan bayangan pada teropong
2. mendiskripsikan fungsi dan bagian alat optik teropong
3. menentukan perbesaran pada teropong

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan bagian-bagian teropong
2.menyebutkan susunan lensa pada teropong
3.menyebutkan fungsi teropong
4.menjelaskan mata berakodasi maksimum dan tidak berakomodasi
pembentukan bayangan pada teropong
5.melukiskan jalannya sinar pada teropong

II. Materi Essensial : teropong

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : Chart tentang teropong dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan perbesaran sudut pada lup dan mikroskop
* menyebutkan perbesaran pada lup dan mikroskop
b). Motivasi : - bagaimana pembentukan bayangan pada teropong bintang
maupun teropong bumi?


2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendikusikan
 Tentang fungsi teropong
 Perbesaran pada teropong
 Susunan lensa pada teropong
 Panjang teropong
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman / kesimpulan

3. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah


SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis cara pemindahan kalor

Indikator : 1. Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi, konveksi dan
radiasi .

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
2.menjelaskan perpindahan kalor pada benda padat, cair dan gas
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan perpindahan kalor yang
terkait dalam proses perubahan temperatur dan akibat pada benda

II. Materi Essensial : perpindahan kalor

III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi

IV. Alat pembelajaran : Alat perpindahan kalor dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

2. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian perubahan wujud
* Pemahaman tentang kalor
b). Motivasi : - Perpindahan jenis apakah kalor yang kita terima dari matahari


2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang perpindahan kalor pada zat padat, cair dan gas
 Pemahaman tentang daya kalor yang dipancarkan
 Pemahaman tentang energi kalor yang dirambat melalui zat padat
 Pemahaman tentang energi kalor yang dirambatkan pada zat acair
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

2. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah






SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat

Indikator : 1. Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu benda
2. menganalisis pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda
(pemuaian)
3. menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian kalor
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap temperature benda
3.menjelaskan sifat termometrik suatu zat
4.menyebutkan dua titik acuan dalam menentukan skala suhu
5.menjelaskan hubuangan skala suhu celcius dengan Fahrenheit, reamur
dan kalvin
6.menentukan skala thermometer jika diketahui dua titik acuan
thermometer baku.

II. Materi Essensial : suhu dan kalor

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : Termometer dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

2. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan jenis-jenis thermometer
* Pemahaman tentang titik beku dan titik didih
b). Motivasi : samakah pengukuran untuk thermometer yang berbeda ?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang sifat termometrik suatu zat
 Pemahaman tentang dua titik acuan
 Menentukan skala pada masing-masing thermometer
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

4. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah


SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat

Indikator : Menganalisis pengaruh perubahan suhu terhadap ukuran benda
(pemuaian)

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian pemuaian
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan bentuk pada benda
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan kalor yang terkait dalam
proses perubahan atemperatur dan perubahan bentuk benda (pemuaian)

II. Materi Essensial : kalor dan pemuaian

III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi

IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

3. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kalor
* Pemahaman tentang pemuaian
b). Motivasi : - Mengapa pada pemasangan dua buah rel kereta api dibuat
berjarak ?
- Mengapa pada siang hari kaca jendela bias retak/ pecah?
- Samakah pemuaian pada benda padat, cair dan gas?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang pemuaian panjang, luas dan volume pada benda padat
 Pemahaman tentang koefisien muai panjang, luas dan volume pada benda padat
 Menentukan persamaan pertambahan panjang, pertambahan luas dan volume
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

5. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah





SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat

Indikator : Menganalisis pengaruh kalor terhadap benda cair dan gas

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian pemuaian
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan bentuk pada benda cair
dan gas.
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan kalor yang terkait dalam
proses perubahan temperatur dan perubahan bentuk pada benda cair dan
gas benda (pemuaian)

II. Materi Essensial : kalor dan pemuaian benda cair dan gas

III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi

IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

4. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian pemuaian
* menyebutkan pengertian koefisien muai panjang
b). Motivasi : - Tumpahkah air dalam gelas yang dicelupkan sebongkah es - Bagaimanakah proses naiknya balon terbang ?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang pemuaian volume pada benda cair dan gas
 Pemahaman tentang anomaly air
 Menentukan persamaan pertambahan volume pada zat cair dan gas
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

6. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah






SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu azat

Indikator : 1. Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud suatu benda

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian energi kalor
2.menjelaskan pengaruh kalor terhadap wujud benda
3.menjelaskan jenis-jenis perubahan wujud benda
4.membaca grafik hubungan energi kalor dengan waktu
5.menyebutkan pengertian kalor lebur

II. Materi Essensial : perubahanj wujud

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

5. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kalor
* menyebutkan satuan energi akalor
b). Motivasi : - mengapa terdapat embun pada pagi hari ?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang jenis-jenis perubahan wujud
 Pemahaman tentang kalor, kalor lebur dan kalor uap
 Menentukan energi kalor pada pemanasan sebongkah es pada air panas dengan menggunakan grafik.
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

7. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah







SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menganalisis cara pemindahan kalor

Indikator : 1. Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi, konveksi dan
radiasi .

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
2.menjelaskan perpindahan kalor pada benda padat, cair dan gas
3.menerapkan analitis kualitatif berkaitan dengan perpindahan kalor yang
terkait dalam proses perubahan temperatur dan akibat pada benda

II. Materi Essensial : perpindahan kalor

III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi

IV. Alat pembelajaran : Alat perpindahan kalor dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

6. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian perubahan wujud
* Pemahaman tentang kalor
b). Motivasi : - Perpindahan jenis apakah kalor yang kita terima dari matahari


2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang perpindahan kalor pada zat padat, cair dan gas
 Pemahaman tentang daya kalor yang dipancarkan
 Pemahaman tentang energi kalor yang dirambat melalui zat padat
 Pemahaman tentang energi kalor yang dirambatkan pada zat acair
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

8. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah






SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : menerapkan azas Black dalam pemecahan masalah

Indikator : Menganalisis pengaruh kalor terhadap benda cair dan gas

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menjelaskan tentang azas Black
2.menerapkan Azas Black dan merumuskannya secara kuantitaif pada
contoh kasus pencampuran dua benda yang berbeda suhunya.

II. Materi Essensial : Azas Black

III. Metode pembelajaran : Diskusi, Informasi dan demonstrasi

IV. Alat pembelajaran : Alat pemuaian dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

7. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian konduksi, konveksi dan radiasi
*menyebutkan pengertian kalor, kalor lebur dan kalor uap
b). Motivasi : - mengapa air yang panas dalam gelas ketika dicelupkan
sebongkah es airnya menjadi dingin? Adakah transfer kalor
pada peristiwa ini ?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang pertukaran kalor
 Banyaknya energi kalor yang dilepas air panas dan banyaknya kalor yang diterima air dingin
 Menyelesaikan soal-soal sederhana
 Membuat rangkuman/ kesimpulan azas Black

9. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah








SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Memahai konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gelombang elektromagnetik

Indikator : 1. Mencari dan menulusuri literature tentang gelombang
elektromagnetik.
2. menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekwensi
atau panjang gelomabang

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan pengertian gelombang elektromagnetik
2.menjelaskan deret gelomabang elektromagnetik dimulai dari
frekwensi terbesar
3.menjelaskan deret gelomabang elektromagnetik dimulai dari
panjang gelombang terkecil.

II. Materi Essensial : spectrum gelombang elektromagnetik

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

8. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian medan listrik
* menyebutkan pengertian medan magnet
b). Motivasi : - Bagaimanakah terbentuknya gelombang elektromagnetik ?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Tentang medan listrik dan medan magnet
 Susunan deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekwensi dan panjang gelombang
 Siswa menyelesaikan contoh soal
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

10. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah







SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Memahai konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.

Kompetensi Dasar : Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan
sehari-hari

Indikator : 1. Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik.
2. Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekwensi/ panjang
gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyebutkan kegunaan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan
sehari-hari
2.menjelaskan penggunaan gelombang elektromagnetik pada radio,
radar dan telepon.

II. Materi Essensial : gelombang elektromagnetik

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian Gelombang elektromagnetik

b). Motivasi : - Bagaimanakah proses terdengarnya suara pada radio?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Menyebutkan jenis-jenis gelombang elektromagnetik
 Tentang kegunaan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari
 Menjelaskan proses terdengarnya suara pada radio
 Siswa menyelesaikan contoh soal
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

3. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah




SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.

Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
(satu loop)
Indikator : 1. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.menyusun rangkaian listrik sederhana denagn cara pengukuran arus
listrik dan beda potensial
2.menyebutkan hubungan tegangan , kuat arus dan hambatan listrik


II. Materi Essensial : arus listrik dan hokum Ohm

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demonstrasi

IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

9. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian arus listrik
* menyebutkan pengertian arus searah
b). Motivasi : - Bagaimana lampu pada senter bias menyala ?
- Gambarkanlah rangkaian pada senter?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Kuat arus listrik
 Hukum Ohm
 Hubungan hambatan dengan panjang penghantar
 Hubungan hambatan dengan temperature
 Merumuskan hokum ohm
 Siswa menyelesaikan contoh soal
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

11. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah




SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.

Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana
(satu loop)
Indikator : 1. Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri
2. Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian paralel

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami konsep susunan seri pada hambatan
2.memahami konsep susunan paralel pada hambatan
3.menghitung tahanan pengganti pada rangkaian seri maupun paralel

II. Materi Essensial : susunan seri dan paralel pada hambatan

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi dan demonstrasi

IV. Alat pembelajaran : Resisitor, bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

10. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * Hukum Ohm
* hokum I Kirchoff
b). Motivasi : - Bagaimanakah pemasangan instalasi listrik di rumah anda?
Hub. Seri atau paralelkah ?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
• Susunan hambatan seri
• Susunan hambatan parallel
• Susunan hatan seri – parallel
• Kuat arus dan tegangan listrik
• Siswa menyelesaikan contoh soal
• Membuat rangkuman/ kesimpulan

12. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah






SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.

Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana
dengan hokum kirchoff I
Indikator : 1. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami beberapa prinsip yang berhubungan dengan hukum Kirchoff I
2.menerapkan hokum I kirchoff pada rangkaian sederhana

II. Materi Essensial : hokum I kirchoff

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

11. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian kuat arus listrik
* menyebutkan pengertian tegangan listrik

b). Motivasi : - Bagaimana menentukan jumlah arus yang masuk dengan
jumlah arus yang kelua

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Besaran arus listrik
 Menentukan jumlah arus yang masuk dengan jumlah arus yang keluar
 Merumuskan hokum I kirchoff.,
 Siswa menyelesaikan contoh soal
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

13. Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah







SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.

Kompetensi Dasar : memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana
dengan hokum kirchoff II
Indikator : 1. Mengadakan identifikasi penerapan arus listrik (
mformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami beberapa prinsip yang berhubungan dengan hukum II
Kirchoff tentang tegangan pada loop.
2.menerapkan hokum II kirchoff pada kehidupan sehari-hari

II. Materi Essensial : hokum II kirchoff

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : alat-alat listrik dan bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian hokum I kirchoff
* menyebutkan pengertian hokum ohm

b). Motivasi : - pernahkah kamu melihat rangkaian TV, radio?
- Bagaimana menentukan tegangannya ?

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Hukum II kIrchoff
 Persaman hokum II kirchop dalam :
a). Beda potensial dalam rangkaian
b). Rangkaian majemuk
 Siswa menyelesaikan contoh soal
 Membuat rangkuman/ kesimpulan


3.Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah



SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN ARUN ( YAPENA )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata pelajaran : Fisika
Kelas/ semester : X (sepuluh / 1 (satu)
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan
berbagai produk.

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan
sehary-hari

Indikator : 1. mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupa
2. Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup
sederhana.

I. Tujuan pembelajaran : Siswa dapat
1.memahami penggunaan arus searah dan arus bolak balik
2.menghitung energi listrik yang digunakan di rumah masing-masing perbulan ?

II. Materi Essensial : listrik AC dan DC dalam kehgidupan sehari2

III. Metode pembelajaran : Diskusi / Informasi

IV. Alat pembelajaran : bahan yang sesuai, buku Marthen K. IB

V. Langkah-langkah pembelajaran

1. Pendahuluan (Apersepsi)
a). pengetahuan Prasyarat : * menyebutkan pengertian arus DC dan AC
* sumber2 arus AC
b). Motivasi : - Bagaimana menentukan jumlah yang harus di bayar pada
setiap bulannya

2. Kegiatan inti : Guru dan siswa mendiskusikan
 Membuat daftar penggunaan listrik searah dan bolak-balik
 Menentukan jumlah arus yang masuk dengan jumlah arus yang keluar
 Merumuskan energi listrik
 Siswa menyelesaikan contoh soal
 Membuat rangkuman/ kesimpulan

3.Penutup :
 Meminta siswa menyampaikan refleksi hasil pembelajaran
 Menyimpulkan kembali konsep essensial
 Uji kompetensi (posttest) : tertulis/ lisan

VI. Penilaian : Tugas-tugas ( pekerjaan rumah mengerjakan soal-soal hal …..)



Mengetahui : Lhokseumawe’ Juli 2007
Kepala SMA Yapena Guru Fisika kls X



Drs. Zulkifli S. Drs. M. Hanafiah
0 Responses